Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Renovasi Rumah

kontraktor desain interior semarang

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Renovasi Rumah

Credit: https://www.pexels.com/id-id/foto/arsitektur-backsplash-dalam-ruangan-dapur-279648/

 

Memiliki hunian sendiri adalah impian semua keluarga. Entah hunian itu berbentuk apartemen atau rumah tapak tidak jadi masalah. Dengan memiliki rumah sendiri, kepastian tempat tinggal sudah ada di tangan.

Memiliki hunian sendiri bisa dengan tiga cara, yaitu membeli tanah kemudian membangun rumah dari nol, membeli hunian baru dari developer, atau membeli hunian lama atau lebih dikenal dengan istilah rumah second.

Ketika anda membeli rumah baru, biasanya anda ingin melakukan renovasi untuk menambah ruangan yang belum ada. Biasanya ruang yang ingin ditambahkan adalah dapur dan r.uang cuci jemur. Ada juga yang ingin melengkapi carportnya dengan kanopi dan meningkatkan pagar agar lebih aman.

Berbeda dengan membeli rumah lama, meskipun biasanya sudah siap pakai, namun masih ada yang ingin ditambahkan sesuai kebutuhan atau gaya hidup anda. Atau mungkin saja rumah belum siap pakai jadi anda harus merenovasi agar bisa segera ditempati

Renovasi rumah membutuhkan perencanaan yang matang. Selain karena rumah adalah sebuah investasi jangka panjang, biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Untuk itu keputusan merenovasi harus sudah anda pikirkan dengan baik. Dengan perencanaan yang matang, biaya dapat ditekan maksimal sehingga memaksimalkan investasi anda. Ini artinya nilai jual rumah anda harus meningkat setelah renovasi.

Renovasi juga harus meningkatkan fungsionalitas rumah anda. Penambahan atau pengurangan dilakukan karena memang dibutuhkan, yang akan mempermudah hidup anda di rumah. Artinya kualitas hidup anda harus meningkat setelah renovasi.

Yang terakhir, renovasi biasanya bertujuan untuk mempercantik rumah agar hunian anda tampak terawat. Namun harus diingat bahwa renovasi yang anda lakukan harus mempermudah pekerjaan renovasi di kemudian hari. Artinya apapun yang anda tambah atau perbaiki hari ini, harus anda pikirkan untuk jangka panjangnya.

Pekerjaan renovasi umumnya terdiri dari beberapa jenis pekerjaan:

  • merombak: mengganti dengan jalan membongkar yang lama
  • membarui: memperbaiki supaya menjadi baru
  • meremajakan: membuat jadi remaja
  • memperbaiki: membetulkan yang rusak jadi baik
  • menyempurnakan struktur atau bentuk saat ini
  • pemeliharaan, seperti mengecat ulang pagar
  • perbaikan, seperti perbaikan saluran air
  • servis umum, seperti pemasangan teralis di jendela

Berdasarkan jenis pekerjaannya, renovasi diklasifikasikan menjadi 3:

  • Renovasi kecil: ketika ada kerusakan di rumah misalnya perbaikan atap yang bocor, dinding yang perlu dicat ulang
  • Renovasi menengah: merenovasi kamar mandi atau dapur
  • Renovasi besar: mengubah seluruh tampilan rumah misal menambah jadi 2 lantai, menambah kamar di lahan samping rumah

Berikut hal-hal yang wajib diperhatikan ketika merenovasi rumah:

Persiapan

Anda perlu mempertanyakan sekali lagi, apakah renovasi ini sebuah kebutuhan atau keinginan saja.

Apabila anda sudah memutuskan untuk merenovasi, tentukan konsep dan buat perencanaannya. Perencanaan harus matang agar hasil renovasi sesuai dengan ekspektasi. Jangan sampai ada penyesalan lalu harus keluar biaya lagi untuk memperbaiki.

 

Menentukan anggaran

Anggaran pembangunan diperoleh dari menghitung semua perkiraan biaya pembangunan mulai dari perencanaan sampai pembangunan selesai. Ini termasuk biaya desain, biaya pembangunan, biaya finishing, dan biaya perabot tambahan. Jangan lupa untuk menambahkan dana cadangan sebesar 10% untuk berjaga-jaga apabila ada kenaikan harga material atau perubahan desain di tengah jalan.

Estimasi biaya pembangunan terdiri dari biaya tenaga kerja dan material. Biaya ini biasanya dibayar berdasarkan sistem harian, borongan jasa, atau borongan penuh. Sistem pembayaran yang akan dipilih akan mempengaruhi perhitungan biaya total.

Pemilihan material yang berkualitas baik juga akan berkontribusi pada biaya pembangunan total. Tapi ini perlu anda pertimbangkan karena akan mengurangi biaya pemeliharaan jangka panjang kelak. Gampangnya bayar mahal sekarang namun material awet dan tahan lama.

Credit: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-meja-tulis-buku-catatan-meja-4476375/

 

Mempersiapkan dana

Darimana sumber dana renovasi anda?

Apakah anda telah memiliki dana renovasi? Jika ya, pastikan keluarga anda telah memiliki dana darurat keluarga untuk minimal 12 bulan. Bahkan dengan memiliki dana cadangan 10%, masih akan ada kemungkinan dana itu kurang. Dengan memiliki dana darurat, anda tidak akan bingung dan terpaksa memakai dana pendidikan anak, misalnya.

Apakah anda bermaksud untuk meminjam dana ke bank? Pertimbangkan cicilan per bulannya, maksimal 1/3 dari pendapatan bulanan keluarga anda. Jangan sampai memberatkan keuangan keluarga, karena cicilan KPR tidak sebentar waktunya. Perhatikan juga hari H renovasi agar pencairan dana dari bank sesuai jadwal renovasi.

 

Bekerja sama dengan kontraktor dan arsitek profesional

Credit: https://www.pexels.com/id-id/foto/arsitek-bangunan-bisnis-dewasa-1078879/

 

Tim profesional akan membantu anda dalam merancang, membangun, dan menciptakan ruang fungsional di rumah anda.  Mereka memiliki keahlian dalam mempertimbangkan hal teknis, dimana anda sebagai orang awam kurang memahaminya.

Dalam pekerjaan jasa renovasi rumah banyak faktor teknis yang harus diperhatikan seperti lingkungan sekitar rumah kita, karakteristik lahan yang akan dibangun, atau bagaimana memilih material yang baik sesuai budget namun tetap aman buat keluarga. Ada juga persyaratan peraturan bangunan di wilayah anda yang harus ditaati. Semua ini akan dibantu oleh tim profesional yang berpengalaman.

Membangun dari nol atau merenovasi rumah lama akan berbeda cara kerjanya. Merenovasi rumah lama harus menggabungkan pola, bentuk, dan infrastruktur bangunan lama dengan bangunan yang akan dibangun.

Tim profesional juga akan membantu anda untuk merancang rumah tumbuh untuk masa depan keluarga anda. Mereka akan membantu anda merencanakan rumah yang akan menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga anda; anak-anak beranjak remaja dan dewasa, anda dan pasangan akan menua bersama di rumah itu.

Bekerjasama dengan “Konsultan Ruang Mimar+” akan membantu anda membuat keputusan-penting berkaitan dengan renovasi rumah anda. Selamat merenovasi!

One Reply on “Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Renovasi Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *